Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis

Oleh: SumurunG

bengkalislogo

Mencermati  aksi yang dilakukan oleh lima DPC(Dewan Pimpinan Cabang) partai politik yang ada di Kabupaten Bengkalis ini tantang pengajuan nama seorang calon Bupati Bengkalis untuk periode 2010-2015. Kelima DPC itu adalah partai pengusaha dan pekerja Indonesia, partai Kedaulatan, PKPI, Partai Republikan dan PMB. Mereka mengajukan dokter Elfiedi Sofian sebagai bakal calon Bupati Kabupaten Bengkalis.  Aksi ini dilakukan ditengah-tengah persiapan mereka untuk berkompetisi dipemilihan anggota legislatif yang akan dilangsungkan 9 April mendatang. Menurut saya aksi ini hanyalah sebuah taktik untuk memdapatkan pemberitaan media dan menimbulkan efek “buzz” menjelang pemilu legislatif. Diharapkan deklarasi ini akan menjadi pembicaraan dikalangan masyarakat bengkalis sehingga kelima parpol yang disebutkan diatas mendapatkan perhatian dan pada akhirnya efek inilah yang akan diingat pemilih sampai tanggal 9 april yang tinggal hanya 12 hari lagi. Dalam ilmu marketing kita mengenal aksi ini sebagai upaya untuk menciptakan “worth of mouth”. Untuk itu aku kasih  nilai A untuk aksi kelima parpol tersebut.

Menariknya buat aku adalah pemilihan thema aksi yakni pengajuan nama bakal calon bupati. Ini aksi yang cerdas dan berpikir jauh kedepan, menunjukkan bahwa mereka memang orang-orang yang cedas dan punya visi yang jelas.  Mungkinkah aksi ini terwujud? Jawabnya sangat mungkin!.  Mengacu pada undang-undang no 12 tahun 2008 tantang pemerintahan daerah,  pasal 58 tentang syarat calon kepala daerah dan pasal 59 tentang syarat administrasi. Kedua pasal diatas sangat mungkin dilakukan  bagi kelima partai politik diatas karena mengacu ke undang-undang ini memang sangat mudah untuk dilakukan.  Pasal 58 lebih banyak kepada syarat-syarat individu calon kepala daerah sedangkan pasal 59 lebih banyak kepada syarat dukungan minimal suara.

Tadi malam dalam diskusi sambil makan malam dengan seorang kawan, aku dan dia sepakat untuk meramaikan wacana ini dengan mengajukan bakal calon yang kita anggap mampu memimpin daerah ini sehingga daerah ini bisa berkembang lebih cepat lagi. Aksi ini mungkin dilakukan setelah pemihan legislatif sehingga kita dapat gambaran yang jelas mengenai peta kekuatan partai politik bahkan kita bias melihat peta kekuatan para bakal calon itu juga dengan melihat perolehan suara yang mereka dapatkan didaerah pemilihannya masing-masing. Tunggu saja aksi yang akan kita buat.  :-)

About these ads
This entry was posted in Berita, Diskusi. Bookmark the permalink.

2 Responses to Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis

  1. Sumurung says:

    terimakasih untuk dukungan lae tapi aku rasa kurang tepat “timing”nya buat aku sekarang. :-) setuju aku dengan lae, ini harus jadi kabupaten terbaik dan idaman se indonesia mengingat potensi sumber daya alam yang kaya.

  2. Nathanael Nainggolan says:

    For the next round, hu suggest ma asa lae na gabe Bupati di Bengkalis on, asa boi botul-botul jo memimpin Bengkalis on gabe Kabupaten Idaman di seluruh Kabupaten Indonesia, asa adong slogan ” I’m proud to be Bengkalis Man”..ada kebanggaan jadi warga Bengkalis khususnya warga Mandau”. Hu dukung bulat do molo lae mencalonkan diri. Dang porlu be Balon-Balon ..ai so tikkos i Balon i…alana molo Balon, molo nunga di ombus gabe naek tu ginjang, dang olo be turun..susah do i..hape molo hona jarum, tor liar do i huhut madabu tu jampalan i..molo jampalan na lomak..lumayan dope.. molo koring do??? Beha do tahe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s