SumurunG

 

Sumurung adalah bahasa batak yang artinya sesuatu yang harus diutamakan atau sesuatu yang melebihi dari apapun atau dari siapapun. Pengertian sumurung aku dapat berdasarkan penuturan beberapa orang yang aku anggap mengerti tentang bahasa batak dan hasil terjemahan alkitap elektronik jadi kalaupun ada dari revisi dari pembaca Blog ini dengan sangat senang dan terbuka untuk merevisi pengertian kata Sumurung ini. Contohnya dari Kitap Hakim-hakim 5 ayat 24,”Sumurung ma pasupasu tu si Jael, jolma ni si Heber, marga Keni, sian na tu sude angka parompuan; sumurung tahe pasupasu tu ibana sian na tu luhut parompuan, angka na maringan di undungundung” dalam bahasa Indonesia dikatakan,” Diberkatilah Yael, isteri Heber, orang Keni itu, melebihi perempuan-perempuan lain, diberkatilah ia, melebihi perempuan-perempuan yang di dalam kemah”

 

 Blog ini aku ibaratkan seperti halaman rumah dari sebuah rumah tinggal artinya, kita tidak dapat menilai isi rumah tanpa masuk kedalam rumah itu jadi jangan tertalu cepat mengambil kesimpulan dari tulisan-tulisan yang ada disini. Kata kawan seorang kawan,”kau adalah apa yang kau tulis”. Aku katakan kepadanya bisa iya bisa juga bukan, jadi tidak bisa mengenalisir semua tulisan adalah merepresentasikan penulisnya. Intinya adalah aku tidak setuju dengan dia mengenai tulisan menunjukkan karakter penulisnya. Ada banyak contoh tulisan yang tidak mereprentasikan penulisnya seperti tulisan yang bersifat iklan atau tulisan mengenai untuk kepentingan tertentu atau diminta oleh orang lain misalnya.

 

Sumurung ini adalah nama tengah aku yang diberikan oleh Ompung ku karena mungkin dia berharap aku menjadi orang diutamakan dan selalu mendapatkan lebih dari pada orang lain.  :-) Aku ingat waktu aku kecil, aku paling tidak senang kalau dipanggil dengan nama Sumurung ini karena aku anggap kampungan dan terlalu batak🙂 , tetapi setelah aku tahu arti kata Sumurung dan Ompung sangat bangga dengan nama yang dia berikan itu, dengan segala rasa bangga juga aku pakai nama ini sebagai nama tengah aku walaupun dalam dokumen resmi SumurunG ini tidak dicantumkan. Blog ini hanyalah catatan dan tulisan ringan tentang banyak hal yang sedang aku pikirkan, diskusikan atau mengenai kejadian-kejadian disekitar atau percakapan sehari-hari atau berita-berita yang sedang hangat dibicarakan dan lain sebagainya, pokoknya apa yang pengen ditulis dimasukin kesini. Pembuatan Blog ini juga akibat terprokasi  buku wikinomics yang baru saja aku baca dimana buku itu banyak menceritakan “success story” dari pengunaan internet sebagai media kerjasama.  Aku bukan sedang mengharapkan bisa membangun usaha dari media internet seperti banyak diceritakan pada buku itu tapi aku hanya terprovokasi  mengunakan media internet ini untuk berbagi informasi saja dengan kawan-kawan didunia maya ini.

 

Akhirnya, harapan aku mudah-mudahan blog ini dapat menjadi media untuk saling berbagi dan bisa sebagai penyambung rasa dan penyambung tali silaturahmi dengan kawan-kawan didunia maya ini.

Salam,

 

SumurunG

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

