Provinsi Tapanuli

 

Sebagai orang Batak yang sudah lahir di Riau, aku memang tidak ada kepentingan langsung dengan adanya aspirasi pembentukan propinsi tapanuli ini tetapi aku akan coba mengerti dan memahami aspirasi masyarakat tapanuli ini, yang mengingkan adanya provinsi baru dengan harapan adanya peningkatan pelayanan publik dan kesejateraan bagi masyarakat tapanuli itu sendiri. Pendekatan yang dilakukan oleh panitia pembentukan ini sudah sangat baik terbukti dengan adanya dukungan dari kabupaten dan kota mayda yang ingin bergabung dengan provinsi ini. Jadi pendekatan yuridis dengan mengacu kepada undang-undang no 32 tahun 2004 pasal 15 tentang syarat-syarat pemekaran suatu daerah dan peraturan pemerintah no 78 tahun 2007 BAB II dan BAB III pasal 2-21 sudah dilakukan, jadi tidak ada yang salah secara undang-undang dan peraturan. Secara geografis juga sudah sangat mendukung untuk efektifitas pemerintahan karena semua daerah saling berhubungan/berdekatan secara geografis, demikian juga dengan pendekatan demografis sudah sangat layak untuk berdirinya satu provinsi baru. Berdasarkan pemberitaan Metro TV di daerah ini nantinya populasi penduduknya sekitar 2 juta jiwa lebih ini, hampir sama dengan demografi provinsi riau atau paling tidak lebih banyak dari pada penduduk Provinsi Gorontalo atau Provinsi Bangka Belitung. Secara ekonomi menurut aku lebih hebat lagi dimana ada danau toba sebagai objek pariwisata dan adanya dugaan potensi sumber daya mineral yang besar. Sebagai mana kita ketahui Bali dengan mengandalkan pariwisatanya juga berhasil menjadi salah satu provinsi yang paling maju di republik ini. Terakhir adalah aspek keamanan, sudah jelas secara aspek keamaanan ini menjadi lebih baik dengan adanya propinsi baru karena span of control dari seorang kapoda menjadi lebih baik dan secara geografis akan sangan memudahkan aparat keamanan untuk menciptakan/menjamin rasa aman masyarakat. Jadi, menurut aku tidak ada alasan lagi bagi dprd provinsi sumatera utara untuk menolak memberikan rekomendasi tapanuli ini kecuali ada alasan lain yang dibuat-buat karena secara undang-undang dan menurut pakar pendekatan yang paling penting adalah keempat aspek seperti disebutkan diatas tadi yaitu, aspek perundang-undangan, aspek ekonomis, aspek keamanan, aspek geografis dan aspek demografis.

 

Berkaitan dengan demontrasi yang dilakukan masyarakat yang menuntut propinsi tapanuli itu, aku rasa kematian ketua dprd itu memang harus kita sesali dan siapapun tidak menginginkan hal itu terjadi. Aku beberapa kali ikut berdemontrasi dan selalu berada digaris depan pada saat berdemontrasi, selama mengikuti demontrasi itu biasanya yang menjadi korban adalah pihak dari yang berdemontrasi bahkan dibanyak tempat sering mengakibatkan kematian dipihak yang berdemontrasi. Yang ingin aku katakan adalah setiap kegiatan demo itu dilakukan pasti mengakibatkan dampak, tidak bisa tidak, dengan kata lain pasti mengakibatkan korban baik materi maupun non materi bahkan nyama sekalipun. Satu hal lagi adalah bukankah unjuk rasa itu adalah alternatif terakhir dari semua bentuk penyampaian aspirasi??Bukan kah pengunjuk rasa sudah melakukan audensi kepada pimpinan dewan sebelum melakukan unjuk rasa dan melaporkannya kepada pimpinan polisi setempat?? Menurut aku, kalau pihak aparat keamanan bisa lebih banyak dan lebih siapl korban pasti bisa diminimalisir bahkan bisa dihindari ini terbukti pada saat aksi massal mahasiswa pada tanggal 20 mei 1998 itu.

 

 Ada banyak orang yang tidak mendukung pembentukan provinsi taput ini dengan berbagai alasan dan pertimbangan masing-masing. Ada yang bilang ini adalah keinginan segelintir orang yang haus akan kekuasaan, ada juga yang bilang ini karena kesamaan agama, ras dan sosial budaya bahkan ada yang bilang ini orang-orang yang tidak tahu sejarah berdirinya propinsi sumatera utara. Aku mau katakan semua itu mungkin saja benar atau anggap saja benar, pertanyaan kemudian adalah trus kenapa?? Apakah keinginan segelintir orang ini salah? tentu tidak!. Sah-sah saja orang punya ambisi pribadi tetapi jangan lupa kalau orang-orang yang haus kekuasaan ini tidak akan bisa berbuat semaunya. Kalau ada kesamaan agama, ras, atau budaya apakah ini salah?? Jawabnya lagi-lagi tidak!. Bukankan lebih mudah untuk mengerakkan orang yang punya kesamaan. Tidakkah masyarakat Bali juga begitu?Majukah Bali?? Jawabnya sangat maju. Provinsi Gorontalo juga ada kemiripan dengan Bali dan Calon Provinsi tapanuli ini. Provinsi Gorontalo ini adalah contoh provinsi baru yang maju. Alasan sejarah adalah suatu fakta, tetapi hari ini juga suatu fakta. Bahwa perkembangan dinamika masyarakat, perkembangan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan adalah sebuah fakta juga. Yang jelas masyarakat tidak puas dengan pelayanan publik yang ada saat ini dan menginginkan propinsi baru dengan harapan adanya pelayanan publik yang lebih baik dan akhirnya kesejateraan yang lebih baik.

 

Akhirnya, aku sebagai orang luar yang tidak ada kepentingan langsung dengan propinsi tapanuli ini dapat mengerti dan memahami tuntutan pembentukan provinsi tapanuli. Bravo provinsi taput..teruslah berjuang.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s