Labersa

labersaDalam sebuah perjalanana ke Pekanbaru aku dan nalom berkunjung ke Lapangan Golf Labersa yang ada di Pekanbaru. Dari orang-orang yang biasa bermain golf, aku ketahui bahwa lapangan golf Labersa ini adalah lapangan terbaik yang ada di Riau saat ini. Lapangan golf Labersa ini berada  sekitar 6 KM dari Hotel Sahid Pekanbaru yang berada di jalan Sudirman. Jalan menuju lapangan ini juga dinamakan jalan Labersa sama dengan nama perusahaan yang memiliki lapangan ini. Lapangan Golf ini dilengkapi dengan  resort dan hotel tempat menginap orang-orang yang bermain golf disini. Hotel ini akan diresmikan tanggal 28 maret ini, direncanakan gubernur Riau yang akan meresmikannya.  Aku melihat pada sabuah baliho besar yang dibuat didepan pintu  masuk lapangan golf dan hotel labersa ini akan dibangun water boom dan dari beberapa sumber yang aku dapatkan perusahaan ini juga merencanakan untuk membangun perumahan didalam lingkungan yang sama. Dari penuturan beberapa orang juga aku ketahui bahwa lahan yang digunakan untuk membangun  tempat ini dulunya adalah TPA(tempat pembuangan akhir) sampah.  Sekarang daerah ini berubah menjadi daerah yang premium dengan adanya pembangunan yang dilakukan oleh perusahaan labersa ini. Labersa ini sendiri adalah anak perusahaan dari PT. Hutahaean sebagaimana PT. Irma Jaya

Dugaan aku PT. Labersa ini didirikan sebagai upaya pengembangan PT.Hutahaean yang mengalami surplus alias keuntungan luar biasa dari hasil melonjaknya harga buah sawit dan CPO(crude palm oil). PT.Hutahaean sendiri adalah perusahaan  yang bergerak dibidang perkebunan sawit yang sangat maju dan memiliki kinerja yang baik serta sangat terkenal dalam insustri ini, apalagi usaha perkebunan mengalami booming  sampai saat ini meskipun beberapa bulan terakhir yang lalu mengalami decline cukup tajam. Selain Labersa ini, PT.Hutahaean juga memiliki perusahaan lain yang bergerak dibidang penyediaan alat angkut dan kontraktor.  Perusahaan ini bernama PT.Irma Jaya dan sekarang menjadi rekanan kerja  PT.Chevron Pacific Indonesia.

Pola pengembangan perusahaan seperti ini dalam manajemen strategik dikelompokkan dalam strategi pertumbuhan diversifikasi konglomerasi. Berbeda dengan strategi pertumbuhan konsentrasi yang lebih memusatkan pada pengembangan produk atau jasa yang sama dengan perusahaan induk. Menurut aku, PT. Hutahaean sendiri sudah berada pada kuadran II(star) dalam Matrik Boston Counsulting Group dimana terdapat pertumbuhan laba dan opportunity(peluang) yang baik untuk jangka panjang(long-run opportunity). Perusahaan ini juga telah lebih dulu melakukan strategi pertumbuhan secara vertikal.  Pertama perusahaan ini bergerak dibidang perkebunan saja kemudian bertumbuh semakin besar dan memdirikan pabrik kelapa sawit sendiri untuk mengolah tandan buah segar(TBS). Namun begitu ada satu level lagi yang belum disentuh oleh perusahaan ini yaitu pengolahan Crude Palm Oil(CPO) menjadi produk akhir seperti, minyak goreng, sabun, dan produk-produk berbahan minyak sawit lainnya. Ini penting untuk dipikirkan oleh manajemen perusahaan ini karena produk akhir itu krusial untuk memastikan kalau semua produksi perkebunan dan minyak sawit itu bisa langsung diolah oleh perusahaan sehingga ketergantungan terhadap pihak lain bisa diminimalisir sekecil-kecilnya.

Secara manajemen keuangan tindakan  strategik pertumbuhan ini juga sudah sangat cerdas. Paling tidak, tidak ada dana idle yang melimpah dalam perusahaan. Secara tax planning ini juga sangat cerdas karena keuntungan yang didapatkan dari perusahaan perkebunan langsung diinvestasikan sehingga terhindar dari pajak yang besar bahkan bisa mendapatkan kompensasi pajak selama perusahaan yang baru dibuat itu masih mengalami kerugian. :-)  Aspek marketing juga diperhatikan oleh manajemen ini dengan memperhatikan peluang promosi dan peluang permintaan. Provinsi Riau akan menjadi tempat diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional yang akan datang dan direncanakan lapangan golf dan hotel labaersa ini akan dijadikan salah satu venue untuk pertandingan dan penginapan atlit dan official. Promosi gratis pasti didapat selain pendapatan.  :-) Sedangkan perusahaan kontraktor bisa dipakai sebagai alat untuk mendistribusikan modal yang berlimpah untuk proyek atau kasus tertentu. Tinggal dipikirkan saja proyeknya.   :-)

Sejauh ini manajemen dan pimpinan perusahaan ini layak diacungi jempol atas strategi manajemen yang dijalankan. Aku dengar dari beberapa sumber pemimpin perusahaan pak HW.Hutahaean ini sudah berumur lebih dari 70 tahun dan masih aktif mengurusi perusahaan ini. Luar biasa.. Kedepannya secara perlahan sebaiknya pak Hutahaean ini  mendelegasikan wewenang kepada generasi penerusnya yang telah dipilih dan lebih penting lagi menciptakan sistem yang baik sehingga perusahaan ini tahan dari turbulensi atau siklus bisnis yang pasti terjadi. Ada mitos yang sering diungkapkan dalam usaha keluarga(family bussiness enterprise) yaitu, ”generasi pertama membangun, generasi kedua menikmati dan generasi ketika menghancurkan”. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menciptakan pemimpin baru yang akan mengantikannya. Chris Lowney dalam bukunya “Heroic Leadership”menekankan visi dan integritas sebagai syarat utama yang harus dimiliki seorang pemimpin.  Buat pemimpin yang telah dipilih dan disiapkan, tugasnya adalah bagaimana merobah mitos diatas menjadi, “generasi pertama membangun, generasi kedua membesarkan, dan generasi berikutnya melambungkannya”.  :-)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Labersa

  1. Sumurung says:

    boi mai lae..molo ahu ikkon maen jo di lapangan duri on sahali baru berangkat hita tusi..haha..

  2. Nathanael Nainggolan says:

    Molo adong tikki di hita, hita coba jo manjajal lapangan i ate..songon na canggih do ninna lae ta i na hea swing di Labersa.. he he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s