Jalan Tol Dumai-Pekanbaru

Oleh: SumurunG

highway1Membaca harian Riau Pos hari ini semakin meyakinkan aku tentang rencana Pemprov Riau ini untuk membangun jalan tol dumai-pekanbaru. Harian ini memberitakan bahwa pemerintah provinsi Riau dalam musyawarah perencanaan pembangunan provinsi(musrenbangprov) telah menetapkan bahwa pembangunan jalan tol dumai-pekanbaru adalah prioritas pembangunan infrastruktur pemerintah provinsi ini. Ini sangat melegakan buat kita yang hidup disini karena jalan tol dumai-pekanbaru ini sangat dibutuhkan daerah ini untuk berkembang lebih cepat lagi. Daerah ini juga sedang berjuang untuk mendapatkan kawasan ekonomi khusus dari pemerintah pusat dan untuk itu diperlukan infrastruktur yang baik sehingga dapat mendukung kawasan ekonomi khusus tersebut.  Panjang jalan tol yang akan dibangun ini adalah 155,34 KM dan melintas 3 daerah kabupaten serta 1 daerah kota madya. Daerah tersebut adalah Dumai, Bengkalis, Siak dan Pekanbaru. Total biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan jalan tol ini diperkirakan sebesar Rp.5,5 triliun diluar biaya pembebasan lahan. Badan Perencana Pembangunan Nasional(Bapenas) telah menyetujui rencana ini dan akan memerikan bantuan secara finansial dan memberikan bantuan konsep dengan membuat study kelayakan untuk proyek ini.

Proyek jalan bebas hambatan atau jalan tol ini secara langsung dan tidak langsung akan mempengaruhi kondisi ekonomi dan sosial masyarakat didaerah ini karena kemudahan akses berarti mobilitas masyarakat akan semakin mudah dan murah sehingga interaksi sosial dan interaksi bisnis semakin intensif. Masyarakat Dumai dan Duri akan semakin mudah dan cepat menuju Pekanbaru sebagai pusat perkembangan ekonomi provinsi ini. Kalau selama ini masyarakat Dumai memerlukan perjalanan selama lima(5) jam menuju pekanbaru sekarang hanya dibutuhkan waktu sekitar dua jam 30 menit dengan kecepatan sekitar 60 km per jam. 

Bagaimana implikasinya kepada aktifitas ekonomi?? Ini yang menarik buat aku!.. Jalan tol ini akan secara langsung akan menguntungakan usaha yang berhubungan dengan transportasi seperti, angkutan umum, taxi dan bis serta angkutan ekspedisi. Bagi perusahaan manufactur dan sejenisnya yang memerlukan proses produksi akan semakin baik karena pengadaan bahan baku dan distribusi produk jadi perusahaan akan semakin cepat dan murah. Dengan mencontoh model pertumbuhan seperti yang terjadi di Bandung dan Jakarta dimana jalan tol yang menghubungakan kedua daerah itu semakin meningkatkan kegiatan ekonomi dimasing-masing daerah tersebut. Bagi pembaca yang sudah mempunyai “business plan” untuk membangun SPBU dan rumah makan dan sejenisnya sebaiknya meninjau ulang rencana yang sudah dibuat. Jalan-jalan lah ke Bandung, dengan melewati jalan tol cikampek-purwakarta-padalarang. Disana terlihat usaha-usaha seperti SPBU dan Restoran berkembang dengan sangat baik. Kedepannya kalau kawasan industri dumai dan kawasan ekonomi khusus terwujud di Dumai, akses jalan tol ini pasti semakin padat sehingga kebutuhan akan SPBU dan Restoran itu juga semakin tinggi.🙂 Akhirnya, semua pertumbuhan ekonomi itu pasti berimplikasi juga terhadap perkembangan setiap kabupaten dan kota yang dilalui jalan tol tersebut.

This entry was posted in Kabar Duri, Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 Responses to Jalan Tol Dumai-Pekanbaru

  1. Nathanael Nainggolan says:

    dohot hita undang halaki gabe anggot fraksi MK…Mie kribo Miroso…ha ha ha after golf tentunya..HORAS

  2. Sumurung says:

    sepertinya lae jengkel lihat koruptor2 lokal disini ya?? sama seperti lae, aku juga berpikiran sama. dijakarta pejabat ditangkap KPK hanya karena kasus suap 500 juga padahal didaerah sini dugaan aku milyaran uang habis buat koruptor2 itu. dengan mata telanjang saja bisa kita tahu itu korupsi seperti pembangunan palabuhan dan terminal yang tidak difungsikan itu.🙂 tapi ide lae ngajak team KPK itu main golf bareng OK juga.. he..he..

  3. Nathanael Nainggolan says:

    Setuju, yang penting implementasi nya harus diawasi, setidaknya seperti jalan Hang Tuah ini aja pun kualitasnya..(Kecuali yang didepan Telkom)..semoga para Caleg yang terpilih nanti segera mengundang KPK ke bumi Riau ini…heran sekali kita, kok lama sekali mereka ke Riau ini, kalau perlu kita ajak pun team KPK main golf bareng…

  4. Sumurung says:

    seperti harus dibuat jalan tol ini lae karena pemprov berambisi untuk menjadikan dumai itu menjadi kawasan ekonomi khusus dan untuk itu diperlukan infrastruktur yang layak sebagai sarana pendukung. Mengenai KKN dalam pelaksanaannya, nampaknya masih terjadi lae. Mudah-mudah nanti ini jalan masuknya KPK kedaerah ini karena selama ini daerah ini masih belum disentuh KPK padahal sudah banyak indikasi korupsi disini.

  5. Nathanael Nainggolan says:

    Sai anggiat ma dipatulus Tuhanta aka rencana na denggan na menyangkut khalayak ramai..mansai uli do i, tarlumobi ma dihita na di mamolus sian Mandau jalan Tol i..alai sai hita tangiangkon ma asa rencana i mardalan denggan dohot pimpinan ni daerah khususna, botul-botul memang sian niat rohana naeng mambahen dalan ini gabe manfaat tu publik luas, dang na gabe mencari kesempatan di akka fee, kkn dinasida laho gabe sub-kontrak na dht akka na asing.. alana rap ta boto do beha kualitas ni pengusaha domplengan/karbitan pempro on..sai godang tong akka kepentingan nasida disi..sarupa dohot pengelolaan blok migas (BOB), manang blok Langgak.. (Sai ditawarhon do tu BUMD na so kompeten, na holan mamboto “Tembak di atas Kuda”, holan mengejar fee sambing di kelompok na), holan i do na di habiari.. Rap hita awasi ma rencana i dohot karejo na.asa boi memang botul-botul profesional dalam rencana dohot implementasi na..Buti ma harapan sian hami..Horas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s