Matrix Organization for Contractor Company

Oleh SumurunG

matrix-structurePerusahaan EPC adalah perusahaan yang bekerja berdasarkan kontrak, artinya pekerjaan untuk suatu target pekerjaan tertentu dengan waktu tertentu dan klausal-klausal tertentu lainnnya. Perusahaan EPC berbeda dengan perusahaan manufacturing dan perusahaan jasa karena sifat kontiunitas dari pekerjaan dan produk yang dihasilkan. Karena sifanya yang terikat dengan kontrak maka struktur organisasi perusahaan EPC ini juga harus khusus.  Misalkan sebuah perusahaan EPC memiliki 5-10 kontrak kerja yang berbeda secara teknis dan berbeda secara geografis. Jika mengunakan struktur organisasi fungsional atau atau divisional tentu akan sangat menyulitkan karena struktur organisasi akan semakin gemuk dan terjadi kompleksitas pekerjaan.  Mengunakan Struktur fungsional hampir tidak mungkin karena sifat pekerjaan yang menpunyai fungsional teknis yang berbeda-beda setiap kontraknya, ini akan membutuhkan banyak tenaga kerja dan struktur organisasi menjadi sangat lebar sesuai dengan fungsi teknis pekerjaan yang didapatkan sedangkan jika mengunakan struktur organisasi divisional akan mengakibatkan organisasi menjadi terdiri dari divisi-divisi yang mandiri sedangkan dalam system kontrak perusahaan harus bertanggungjawab secara keseluruhan bukanya secara divisi. Implikasinya buruknya adalah terciptanya raja-raja kecil yang sangat berbahaya karena cash flow perusahaan epc bersifat sentral.

Organisasi Matriks adalah suatu design struktural yang menugaskan para spesialis dari departemen-departemen fungsional tertentu untuk bekerja pada satu atau lebih tim, yang dipimpin oleh seorang pemimpin proyek. Dengan mengunakan struktur organisasi matriks ini perusahaan epc akan lebih fleksibel dalam pengunaan resources karena resources bisa didapatkan dengan mengunakan external resources. Selain itu keputusan lebih cepat diambil dan kordinasi kerja dalam tim lebih efektif karena tim matriks ini terdiri dari orang-orang yang mengerti tentang pekerjaan tersebut. Cara kerjanya adalah dengan menyiapkan satu tim kerja yang bertanggungjawab untuk kontrak kerja yang didapat. Dengan mengunakan struktur matriks ini setiap manager proyek bisa dinilai kinerjanya dengan sangat mudah sehingga efisiensi dan efektifitas kerja bisa lebih baik.  Pengunaan sumberdaya manusia juga akan semakin efektif dan efisien karena hampir tidak ada pekerja yang bisa idle, apalagi sangat dimungkinkan mengunakan tenaga outsoursing karena sifat pekerjaan yang berdasarkan kontrak. Meskipun begitu untuk fungsi corporatenya perusahaan EPC tetap harus mengunakan struktur fungsional jika perusahaan EPC itu sudah sangat besar, ini berguna untuk mempersiapakan tim kerja yang sesuai dengan kontrak yang didapatkan. Dalam prakteknya seorang manager proyek atau project officer bisa saja merangkap untuk dua atau tiga kontrak kerja sekaligus tetapi dengan syarat volume pekerjaan masih manageable dan lokasi kerja masih bisa terjangkau (reachable).  Tentu saja ini harus dilakukan penyesuaian kompensasi atau insentif kepada pekerja yang merangkap jabatan namun begitu ini pasti tidak terlalu besar biayanya jika merekrut pekerja baru.

Walaupun memiliki banyak kelebihan-kelebihan tidak berarti organisasi matriks ini tidak memiliki tantangan dalam prakteknya seperti,  permasalahan insentif atau kompensasi dan  kompleksitas dalam garis komando. Berdasarkan pengamatan saya terhadap beberapa perusahaan yang memiliki beberapa kontrak kerja sekaligus  dalam rentang waktu yang sama organisasi matriks ini paling cocok untuk diaplikasikan. Mudah dikontrol, efektif dan efisien dalam pengunaan resources dan yang paling penting bagi perusahaan epc  adalah tidak menganggu perusahaan untuk mendapatkan kontrak-kontrak baru sehingga perusahaan tetap tumbuh dan berkembang.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s