Butet Mimpi Jadi Bupati

Jika dilihat dari sudut pandang perundang-undangan tidak ada yang salah dengan mimpi sibutet dan sangat mungkin bisa diwujudkan tetapi permasalahan akan muncul jika syarat-syarat lain juga dimasukkan sebagai alat untuk menilai seseorang layak menjadi bupati. Syarat-syarat  itu biasanya bersifat informal dan kadang-kadang pengaruhnya lebih kuat dari pada syarat-syarat yang formal itu sendiri. Syarat informal ini biasanya tidak tertulis. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat ternyata mampu merubah mind set manusia dimana kebudayaan manusia akan sangat dipengaruhi rasionalitas. Kemudian kita akan bertanya,” bukankah dengan mengunakan logika ini seharusnya kita tidak perlu kuatir atas perlakuan yang tidak adil terhadap sibutet?” jawabnya ya!.. tetapi untuk memulai sebuah perubahan besar diperlukan sebuah gerakan yang radikal juga karena itu diperlukan usaha-usaha untuk mendobrak tradisi-tradisi kuno yang telah diamalkan selama bertahun-tahun.

Davila,Epstein dan Shelton dalam bukunya profit-making innovation mengatakan ada tujuh(7) aturan untuk inovasi salah satunya adalah menetralkan antibodi dalam organisasi anda. Jika dianologikan dengan perubahan mind set orang batak seperti cerita diatas maka dapat dikatakan stigma bahwa orang batak tidak boleh menjadi pemimpin didaerah riau ini harus dihilangkan atau dinetralkan. Dalam buku ini juga ketiga penulis ini mengatakan bahwa untuk dapat mewujudkan inovasi radikal adalah: bermitra dengan pihak lain untuk menciptakan usaha baru, komitment manajemen untuk mendukung ide diluar strategi yang ada saat ini dan ketersediaan sumber daya untuk mendukung ide-ide terobosan.  Mengikuti logika buku ini, sebuah perubahan radikal diperlukan kerjasama dengan pihak lain, integritas dari para innovator serta mengunakan seluruh sumberdaya untuk menciptakan inovasi yang telah ditetapkan.

Apa strategi yang paling tepat untuk posisi orang batak didaerah ini? Menurut buku yang sama ada dua strategi yang mungkin untuk dilakukan yaitu, Play-to-Win(PTW) atau Play Not-to-Lose(PNTL).  Saya belum dapat mengatakan strategi apa yang paling tepat untuk merealisasikan mimpi sibutet itu tetapi saya tahu persis stigma bahwa orang batak tidak mungkin jadi pemimpin didaerah ini masih tertanam dibenak banyak orang batak. Bagi saya acara pentas budaya ini harus diupayakan untuk menyadarkan masyarakat batak tentang kesamaan hak dan kewajiban dalam politik. Ini adalah parameter keberhasilan pentas budaya ini buat saya. Ini pekerjaan yang tidak mudah karena itu diperlukan kerja keras dan integritas yang tinggi dari kita. Saya percaya dengan persatuan apapun bisa kita lakukan!.. Selanjutnya terserah kita??..

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s